Home / Kabar Kampung / Kampung Merabu Kandidat Kampung Iklim Rendah Emisi

Kampung Merabu Kandidat Kampung Iklim Rendah Emisi

Kabar Merabu

 

Pemerintah Kalimantan Timur memulai program kampung iklim sejak 2014 yang kemudian diperkuat melalui Deklarasi Sendawar pada 17 April 2018 dengan menargetkan pembentukan 200 kampung iklim hingga tahun 2030. Hingga 2018, telah diusulkan 18 kampung sebagai Kampung Iklim ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) .

Dari belasan kampung yang diusulkan tersebut, aspek penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan belum tersentuh. Padahal, Kalimantan Timur terpilih oleh Pemerintah Pusat sebagai satu-satunya provinsi dalam program penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan atau Forest Carbon Partnership Facility (FCPF).

Program FCPF ini adalah skema pembayaran penurunan emisi berbasis kinerja yang didukung oleh Bank Dunia. Agar terjadi keselarasan antara FCPF dan program Kampung Iklim dari KLHK, Kalimantan Timur mengembangkan Program Kampung Iklim Rendah Emisi.

Pada Program Kampung Iklim Rendah Emisi, YKAN bersama Yayasan Konservasi Khatulistiwa Indonesia (YASIWA) melakukan analisis kesiapan dan prapenilaian terhadap kampung Merabu di Kabupaten Berau dan Kelurahan Kariangau di kota Balikpapan. Pada proses ini dibangun upaya kesepakatan para pihak untuk mendukung terbangunnya program kampung iklim rendah emisi. Hasil dari penilaian dan analisisnya kemudian dilaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Berau (rds/ykan).

Check Also

Test Posting

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore …

Open chat
1
Hello... Apa yang dapat kami bantu
Powered by