Home / Kabar Kampung / Warga Merabu Ikuti Workshop Pengelolaan Cagar Budaya dan Permuseuman di Samarinda

Warga Merabu Ikuti Workshop Pengelolaan Cagar Budaya dan Permuseuman di Samarinda

Warga Merabu Ikuti Workshop Pengelolaan Cagar Budaya dan Permuseuman di Samarinda

Sebanyak 3 orang warga Kampung Merabu yang bertugas sebagai Juru Pelihara Kawasan Cagar Budaya Gua Beloyot di Kampung Merabu mengikuti kegiatan Workshop Cagar Budaya dan Permuseuman yang dilaksanakan selama dua hari di Samarinda, Kalimantan Timur.

Ketiga anggota Jupel tersebut didampingi oleh Agus Atino yang juga menjabat sebagai Direktur Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM) Lebo Asik serta Kepala Kampung Merabu, Agustinus Karna.

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Pebruari 2020, bertempat di Hotel Royal Park (OYO), Jalan Sentosa, Samarinda.

Ketiga anggota Jupel tersebut terdiri dari Cay, Senen dan Par, yang sehari-harinya bertanggungjawab untuk menjaga dan melestarikan kawasan Cagar Budaya Gua Beloyot dibawah koordinasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kalimantan Timur.

Dalam worksop tersebut, ketiga jupel serta dua pendamping mereka mendapatkan pengalaman baru, terutama terkait dengan hal-hal penting dan strategis dalam menjalankan amanah untuk menjaga kelestarian cagar budaya yang ada di Kampung Merabu.

Cay, salah satu jupel mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan banyak pengetahuan baru, yang kelak akan bermanfaat bagi mereka dalam menjalankan tugas sekaligus melestarikan kawasan cagar budaya di Merabu.

Pada tempat yang sama, Agustinus Karna menyampaikan apresiasinya kepada Panitia Pelaksana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur yang telah mengundang Merabu untuk berpartisipasi dalam workshop tersebut.

Banyak hal baru yang dapat dipelajari oleh Jupel kami sehingga nantinya akan memudahkan mereka dalam menjalankan tugas sebagai juru pelihara gua, yang merupakan warisan budaya yang sangat berharga di Kampung Merabu, ujar Agus.

Kawasan Cagar Budaya Gua Beloyot adalah sebuah kawasan yang masuk dalam area Hutan Desa di Kampung Merabu dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya, sehingga sudah sepatutnya hal tersebut dijaga, dilindungi dan dilestarikan.

Gua Beloyot menyimpan harta karun tak ternilai, seperti dituturkan Agustinus Karna selaku Kepala Kampung Merabu.

Mengingat pertemuan tersebut sangatlah penting bagi kami, maka saya menyempatkan diri untuk mendampingi para jupel agar mereka tidak merasa kesulitan dalam mengikuti kegiatan selama dua hari tersebut.

#sayasigap #cagarbudayaguabeloyot #cagarbudayamerabu #workshopcagarbudaya #bpcbkaltim #disdikbudkaltim #savekarstkaltim #guabeloyot #ekowisatamerabu #merabuasik #kampungmerabu #kelay #berau #kalimantantimur

Lokasi Kegiatan
Merabu, Kelay, Berau Regency, East Kalimantan, Indonesia

Dikirim dari Sigap

Check Also

Packard Foundation & CLUA Kunjungi Kampung Merabu

Pada tanggal 4 – 6 Pebruari 2020, sebanyak 7 orang tamu yang berasal dari Indonesia …

Open chat
1
Hello... Apa yang dapat kami bantu
Powered by