Home / Kabar Kampung / Save & Safe Travel Berau Bantu Promosikan Kampung Merabu

Save & Safe Travel Berau Bantu Promosikan Kampung Merabu

Kabar Merabu (20/19)

 

Setelah hadirnya beberapa agensi wisata yang membawa para wisatawan asing ke Kampung Merabu, sejak tahun 2019, sebuah agensi wisata yang berpusat di Kota Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Save & Safe Travel turut serta untuk membantu promosikan ekostisme Kampung Merabu.

Save&Safe Travel turut bantu promosikan Kampung Merabu kepada para wisatawan asing

Agensi Wisata yang digawangi oleh Mamed, panggilan akrabnya, sejak awal tahun 2019 telah melakukan komunikasi intens dengan pengelola ekowisata di Kampung Merabu.

Mamed, sang anak muda yang sekaligus menjadi Tour Guide dari Save & Safe Travel dengan caranya turut membantu mengenalkan dan mempromosikan tentang keindahan Kampung Merabu yang terkenal dengan keberadaan Gua Prasejarah Beloyot berusia 4000-10000 tahun serta eksotisme si hijau Tosca, Danau Nyadeng.

Dengan semakin seringnya agensi wisata tersebut membawa wisatawan asing ke Merabu, dengan sendirinya juga telah turut terlibat dalam pembangunan Kampung Merabu, terutama pada bidang ekonomi, dimana para pelaku wisata seperti perahu, guide, home stay, turut merasakan dampak kehadiran para wisatawan yang datang ke Merabu.

Mamed yang juga sangat aktif pada media sosial Instagram dan dalam salah satu postingannya mengungkapkan bahwa dengan membantu mempromosikan serta membawa tamu ke Kampung Merabu, telah turut dalam upaya pelestarian hutan di Kampung Merabu serta mengajak para traveler untuk semakin mencintai alam dan dapat terlibat dalam kampanye pelestarian alam di Kampung Merabu.

Selain Save & Safe Travel, beberapa agensi wisata lainnya juga sering datang ke Merabu seperti dari The Gigan Tour dan juga Borneo Adventure, ungkap Beny, pengelola Unit Usaha Rima Wisata Puri, salah satu unit usaha Badan Usaha Milik Kampung Kerima Puri yang mengelola kawasan wisata di Kampung Merabu.

Kepala Kampung Merabu, Agustinus Karna menyatakan bahwa Pemerintah Kampung Merabu turut memberikan dukungan dalam pengembangan ekowisata di Kampung Merabu dimana program pengembangan dan pengelolaan ekowisata telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung Merabu Tahun 2019 s/d 2024.

Agustinus Karna mengungkapkan bahwa keberadaan destinasi wisata di Kampung Merabu akan terus terjaga dan juga memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat yang sebelumnya sangat bergantung dengan hutan dan direncanakan bahwa mulai tahun 2020, sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam RPJM Kampung, Pemerintah Kampung akan memberikan dukungan khusus pada pengembangan dan pengelolaan ekowisata kampung, pasca selesainya kerjasama program dengan TFCA Kalimantan.

Merabu dengan ragam destinasinya berupa wisata alam dan juga wisata prasejarah telah menjadi salah satu primadona di Kabupaten Berau dan hal ini terbukti dengan banyaknya traveler yang datang dan menikmati ekostisme alam di Kampung Merabu yang datang baik bersama agensi wisata maupun yang datang sendiri karena mengetahui informasi Merabu dari berbagai media seperti media sosial, majalah Lonely Planet, National Geographic, dan lain-lain.

Semoga Kampung Merabu terus berkembang dan kehadiran para wisatawan akan turut menjadi triger dalam rangka pembangunan ekonomi di Kampung Merabu, semoga (adm).

About admindesa

Check Also

Meriahnya HUT RI ke-74 di Kampung Merabu

Kabar Merabu (20/08/19)   Pelaksanaan HUT RI yang dilaksanakan di seantero neger tercinta juga dilaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hello... Apa yang dapat kami bantu
Powered by