Home / Kabar Kampung / Peluncuran Aplikasi SIGAP

Peluncuran Aplikasi SIGAP

Jakarta- Selasa 6 September 2016 bersama The Nature Conservancy (TNC) Indonesia dan Inspirit meluncurkan aplikasi SIGAP (akSi Inspiratif warGA untuk Perubahan) berbasis android di gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PESONA) yang diadakan di Gedung Manggala Wanabakti KLHK 6 – 8 September 2016 memberikan kesempatan bagi penggiat-penggiat lingkungan berbasis perhutanan sosial bahkan masyarakat pengelola hutan untuk menampilkan hasil kerja mereka masing-masing.

Kampung Merabu yang saat ini masuk kedalam program perhutanan sosial dengan skema Hutan Desa juga mendapat kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dalam acara ini Kampung Merabu yang merupakan pioner dalam perhutanan sosial di Kabupaten Berau mendapat kesempatan untuk berbagi cerita tentang penerapan SIGAP berikut kiat-kiat dan tantangan yang dihadapi.

Saat ini SIGAP telah diluncurkan dalam bentuk Aplikasi Android yang dapat diakses oleh semua pengguna Android di Google play store. Aplikasi dalam bentuk E-Book (buku elektronik) ini akan sangat membantu bagi orang yang sedang memasilitasi suatu komunitas dengan adanya panduan-panduan didalamnya.

SIGAP dengan langkah 7D yang sudah diterapkan di Kampung Merabu memberikan kemudahan bagi fasilitator kampung bahkan pemerintah kampung dalam percepatan pembangunan kampung. Namun tentunya butuh kekompakan antar warga masyarakat dan pemerintahan kampung untuk menyukseskan pembangunan kampung.

About admindesa

Check Also

Menuju Penerapan SIGAP di Indonesia

JAKARTA – Seperti halnya Undang-Undang Otonomi Daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten, diterbitkannya UU Nomor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *