Home / Kabar Kampung / Merabu Di COP 22 Marrakech

Merabu Di COP 22 Marrakech

merabu-maroko

(Franly Oley saat presentasi di Pavilion Indonesia COP 22 Marrakech)

Kota Marrakech terletak di negara Maroko, sisi selatan benua Afrika. Negara yang berpenduduk 90% muslim ini tidak jauh dari benua Eropa sehingga tidak heran kalau banyak ditemukan turis dari eropa disini.  Tahun ini COP 22 (konfrensi perubahan iklim dunia) diadakan di kota ini. 

Acara yang diadakan oleh PBB setiap tahun ini tentunya sangat berpengaruh terhadap perubahan ikilim karena disinilah para negara saling berunding untuk membicarakan tentang perubahan iklim yang terjadi di dunia.

Tahun ini Merabu yang diwakili oleh kepala kampung Franly Oley mendapat kesempatan untuk menjadi sala satu panelis dalam acara ini. Tepatnya di Pavilion Indonesia tanggal 9 November 2016, Merabu menjelaskan tentang Hutan Desa yang sudah mendapat hak kelola sejak tahun 2015. Dengan menggunakan bahasa Inggris Franly menjelaskan tentang sekilas pandang kampung Merabu dan menjelaskan tentang proses pengusulan Hutan Desa serta dampak kepada masyarakat.

“Masyarakat yang awalnya hanya memanfaatkan hutan sekarang menjadi pengelola melalui skema Hutan Desa.” jelas Franly.

Merabu sendiri mempunyai Hutan Desa seluas 8.245 hektar dan sudah dikelola sejak diuslkan pada tahun 2012 dan dikelola oleh Kerima Puri sebagai lembaga pengelola hutan desanya. Kerima Puri sendiri mempunyai 4 program besar antara lain pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, pengamanan hutan, pengembangan ekonomi masyarakat melalui perkabunan dan peternakan, dan pengembangan wisata. Kegiatan ini berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.  Dengan Hutan Desanya Merabu telah memperoleh penghargaan sebagai Hutan Desa terbaik kedua di Indonesia tahun 2016.

About admindesa

Check Also

Save&Safe Travel

Save & Safe Travel Berau Bantu Promosikan Kampung Merabu

Kabar Merabu (20/19)   Setelah hadirnya beberapa agensi wisata yang membawa para wisatawan asing ke …

One comment

  1. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great.
    I don’t know who you are but definitely you’re going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hello... Apa yang dapat kami bantu
Powered by