Home / Kabar Kampung / Menuju Indonesia SIGAP

Menuju Indonesia SIGAP

IMG_20170516_143314_050

Tanjung Redeb, Sesuai dengan Visi Misi Pak Jokowi dengan Nawacita atau membangun dari piggiran maka menjadi peluang untuk semua warga pedesaan di Indonesia untuk membangun Desanya.

Namun demikian ternyata tidaklah mudah untuk membangun suatu Desa. Salah satu masalahnya adalah dengan selalu memulai suatu program berdasarkan dari masalah-masalah di Desa.

The Nature Conservancy sejak tahun 2012 telah memulai suatu gagasan untuk merubah cara pendekatan di Desa-desa melalui pendekatan SIGAP (Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan). Dalam pendekatan Sigap warga dirangsang untuk menemukenali potensi-potensi terlebihdahulu sebelum memulai perencanaan Desa.

Sejak saat itu beberapa Desa telah menerapkan pendekatan tersebut dan dianggap berhasil memengaruhi warga desa untuk sadar akan potensinya dan mengelolanya.
Setelah sebelumnya telah diterapkan secara manual di kurang lebih 30 Desa di 2 Kabupaten yaitu Berau dan Kutai Timur, saat ini SIGAP mempunyai aplikasi berbasis android yang dapat mempermudah seorang fasilitator atau warga yang difasilitasi untuk mengikuti tahapan-tahapan dalam rangka membangun Desa. Dengan menggunakan Aplkasi ini akan sangat membantu dalam percepatan pebangunan Desa secara efektif dan efisien.
IMG_20170516_143332_462
The Nature Conservancy yang dibantu oleh lembaga Inspirit saat ini Tengah melatih Beberapa Desa yang akan dijadikan pelatih-pelatih SIGAP di Kabupaten Berau. Pelatihan yang telah berlangsung sejak Sabtu 13 Mei dan dijadwalkan selasai pada 17 Mei diharapkan dapat menjadi awal untuk menjadikan Inndonesia SIGAP. (FO)

About admindesa

Check Also

Peluncuran Green Growth Compact untuk Kaltim Hijau

Jakarta, 26 September 2016 di Hotel Shangri-La, Kampung Merabu yang diwakili oleh Kepala Kampung Franly …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *